PRINSIP DASAR DAN TRIBAKTI PALANG MERAH

PRINSIP DASAR DAN TRIBAKTI PALANG MERAH

Salam Palang Merah.
Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai wawasan umum yang wajib diketahui oleh anak PMR, yaitu prinsip-prinsip dasar yang harus kalian tanamkan dan TRIBAKTI Palang Merah yang harus kalian laksanakan. 

PRINSIP-PRINSIP DASAR GERAKAN PALANG MERAH DAN BULAN SABIT MERAH INTERNASIONAL



Prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional adalah prinsip yang harus ditanamkan di dalam jiwa setiap anggota Palang Merah. Prinsip-prinsip ini disahkan di Wina (Austria) oleh Konferensi International Palang Merah dan Bulan Sabit Merah XX (20) tahun 1965. Terdiri atas.
  1. Kemanusiaan (Humanity), Bahwa gerakan Palang Merah dan Bulan sabit Merah didirikan berdasarkan keinginan untuk memberikan pertolongan tanpa membeda-bedakan korban dalam pertempuran, serta berusaha mencegah dan mengatasi penderitaan sesama manusia.
  2. Kesamaan (Importiality), Bahwa gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional  tidak membedakan bangsa, suku, agama, dan politik. Tujuannya semata-mata hanya untuk mengurangi penderitaan sesama manusia sesuai dengan kebutuhannya dan mendahulukan yang paling parah.
  3. Kenetralan (Neutrality), Bahwa gerakan ini tidak boleh memihak atau melibatkan diri dalam pertentangan Politik, agama, suku, atau ideologi manapun agar senantiasa mendapat kepercayaan dari semua pihak.
  4. Kemandirian (Independence), Bahwa gerakan ini bersifat mandiri, tugasnya adalah untuk  membantu pemerintah dalam bidang kemanusiaan, harus mentaati peraturan negaranya dan harus menjaga otonomi negaranya sehingga dapat bertindak sesuai dengan prinsip pelang merah.
  5. Kesukarelaan (Voluntari Service), Gerakan ini memberi bantuan secara sukarela bukan karena inginan mencari keuntungan.
  6. Kesatuan (Unity), Gerakan ini dalam suatu negara hanya terdapat satu perhimpunan nasional saja entah itu palang merah atau bulan sabit merah yang terbuka untuk semua orang dan untuk melaksanakan tugas kemanusiaan di seluruh wilayah.
  7. Kesemestaan (Universality), Bahwa gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional bersifat semesta dimana setiap perhimpunan mempunyai hak dan tanggung jawab yang sama dalam menolong sesama.

TRIBAKTI PALANG MERAH

TRIBAKTI terdiri dari dua kata yaitu "Tri" yang berarti 3 dan "bakti" yang berarti bakti.
Keterlibatan anggota Palang Merah Remaja dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan merupakan karya dan bakti yang nyata setelah mengikuti berbagai macam rangkaian pelatihan serta mendapat pengakuan terhadap keberadaan dan kompetensi dalam meningkatkan kualitas anggota dan organisasi, serta memberikan jawaban atas berbagai minat untuk bergabungnya para remaja-remaja dengan PMI. Adapun isi dari TRIBAKTI PMR adalah.
TRIBAKTI PMR dulu

  1. Berbakti kepada masyarakat.
  2. Mempertinggi keterampilan dan memelihara kebersihan dan kesehatan.
  3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional.
TRIBAKTI PMR saat ini

  1. Meningkatkan keterampilan hidup sehat. Bahwa setiap anggota PMR haruslah menjunjung tinggi dan menerapkan keterampilan hidup sehat.
  2. Berkarya dan berbakti di masyarakat. Bahwa setiap anggota PMR haruslah bermanfaat di masyarakat.
  3. Mempererat persahabatan nasional dan internasional. Bahwa setiap anggota PMR haruslah mempunyai jiwa sosial yang tingi untuk mempererat persahabatan bahkan rasa persaudaraan mereka.
Itulah pembahasan mengenai Prinsip Dasar dan Tribakti Palang Merah. Jika kalian mempunyai kritik, saran, dan pertanyaan mengenai materi atau artikel kepalangmerahan ini silahkan masukkan dikolom komentar.
Salam Palang Merah.



Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "PRINSIP DASAR DAN TRIBAKTI PALANG MERAH"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel