MATERI RSPS (REMAJA SEHAT PEDULI SESAMA)

REMAJA SEHAT PEDULI SESAMA


Salam Palang Merah.
Pada artikel ini saya akan memaparkan mengenai salah satu materi kepalangmerahan yaitu materi RSPS (Remaja Sehat Peduli Sesama).

PENTINGNYA KEBERSIHAN DAN KESEHATAN

Kamu tidak akan selalu merasa sehat sepanjang waktu. Apakah kamu ingat kapan terakhir kali kamu jatuh sakit? Bagaimana perasaanmu saat sakit? Apa yang bisa kamu lakukan ketika kamu sakit? Sangat tidak enak apabila kondisi sedang sakit bukan. Hari-hari kita lalui dengan berat. Seringkali sakit yang di alami dikarenakan kurangnya kesadaran untuk menjaga kebersihan dan terkadang kita baru menyadari, bahwa memamng penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan. Kualitas diri kamu sebagai remaja tercermin dari pengetahuan, sikap, dan perilakumu dalam hal menjaga kebersihan dan kesehatan diri, antara lain dengan mandi secara teratur setidaknya 2 kali setiap hari, menyikat gigi setiap selesai makan, mencuci tangan apabila akan menggunakan tangan untuk mengambil makanan dan setelah makan, buang air besar dan buang air kecil, menggunakan pakaian yang bersih, menjaga pola hidup bersih dan sehat, tidak menyebarkan kotoran dan menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri maupun kepada orang lain, serta menjaga lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan tempat tinggalmu agar tetap bersih dan sehat. Dengan semakin banyak mengetahui manfaat akan menjaga kebersihan dan kesehatan, serta akibat yang ditimbulkan dari kurang pedulinya kita menjaga kebersihan dan kesehatan, perubahan yang diharapkan terjadi adalah adanya karakter positif para remaja dalam menjaga dan melestarikan kebersihan dan kesehatan yang juga akan memberikan dampak yang positif kepada keluarga, sekolah, dan masyarakat.

DEFINISI
Kebersihan merupakan keadaan bebas dari kotoran, termasuk diantaranya debu, sampah, dan bau. Sedangkan kesehatan adalah keadaan sehat dan aman secara fisik, mental, dan sosial.

GAYA HIDUP BERSIH DAN SEHAT
1.      Menjaga Pola Makan.
Janganlah terlalu khawatir apabila kamu diminta menjaga pola makan, karena selama kamu dapat mengontrol kualitas dan keragaman makananyang kamu konsumsi, serta jumlah yang dimakan, maka akan meningkatkan kemungkinan tubuhmu akan terus sehat. Ingat! Makan makanan yang mengandung gizi seimbang mengandung karbohidrat atau hidrat arang, lemak, mineral, vitamin, dan air.

2.      Melakukan olahraga.
Lakukan kegiatan olahraga secara rutin setidaknya 3 kali dalam seminggu. Dalam wawasan umum kita ketahui bersama bahwa melakukan olahraga adalah hal yang memang penting dalam menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh.

3.      Tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol.
Memang benar bahwa seseorang tidak akan langsung mati atau sakit setelah menghisap sebatang rokok atau karena meneguk segelas minuman beralkohol. Tetapi dengan berjalannya waktu, kalian akan menjadi pecandu sehingga akan kamu temukan bahwa tubuhmu, teman-temanmu, keluargamu, dan orang-orang di sekitarmu akan menerima dampak negatifnya.

4.      Mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda.
Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penggunaan kendaraan bermotor akan menghasilkan polusi dan pencemaran udara dan tentunya itu bukanlah hal yang sehat. Sehingga sebagai remaja yang peduli akan kesehatan kita sebaiknya mengurangi penggunaan kendaraan bermotor dengan berjalan kaki atau bersepeda karena dengan berjalan kaki dan bersepeda sama saj kita melakukan kegiatan olahraga.

5.      Menjaga kebersihan kamar mandi, tempat cuci dan toilet.
Setiap rumah keluarga memang seharusnya punya kamar mandi, tempat cuci, dan toilet. Bayangkan saja kalau di rumahmu tidak ada fasilitas mandi cuci kakus tersebut, setiap harinya kamu akan merasa kesulitan untuk mandi secara teratur, mencuci bajumu dan memenuhi hajatmu. Apabila di lingkungan tempat tinggalmu hanya ada fasilitas MCK yang umum yang dipergunakan bersama, itu tidak menjadi masalah, karena yang penting adalah bagaimana kamu dan masyarakat yang mempergunakannya selalu menjaga fasilitas umum tersebut. Selain fasilitas umum yang ada, terkadang masyarakat sekitar pinggir sungai seringkali mempergunakan sungai sebagai fasilitas MCK bersama, padahal banyak orang yang menggunakan air sungai sebagai kebutuhan minum. Kebiasaan tersebut sangat tidak baik, karena dapat menyebabkan air sungai menjadi kotor dan tercemar. Selain itu, lingkungan tempat tinggalmu akan menjadi tidak sehat dan pada akhirnya beresiko menimbulkan bibit-bibit penyakit.

6.      Pembuangan sampah dan limbah keluarga.
Buanglah sampah pada tempatnya, galilah lubang untuk pembuangan dan penimbunan sampah di belakang rumah kalian. Sampah yang tercemar atau yang dibuang sembarangan, akan menjadi sarang sumber penyakit seperti lalat. Jadi buanglah sampah pada tempatnya dengan memisahkan sampah organic dan non-organik, dan lakukan penimbunan (jangan dibakar).

MENCEGAH LEBIH BAIK DARIPADA MENGOBATI
Di sini Saya menuliskan beberapa penyakit yang dominan terjadi di Indonesia dan sebenarnya pencegahannya sangat sederhana.
1.      Diare.
Gejala:
Buang Air Besar (BAB) tiga kali atau lebih dalam sehari, dan banyak mengeluarkan cairan.
Cara pencegahan:
Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat, misalnya, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, menutup makanan agar tidak dihinggapi lalat, kuku tetap bersih.
Yang bisa kita lakukan:
Minum larutan gula garam (oralit). Dengan takaran 1 gelas air + 1 sendok the garam + 6 sendok the gula.
2.      Demam
Gejala:
Suhu tubuh mengalami peningkatan (+37 derajat C).
Pencegahan:
Lakukan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga terhindar dari infeksi.
Yang bisa kita lakukan:
Kompres dengan air hangat, dan segera hubungi layanan kesehatan atau bawa kedokter.
3.      DBD atau Demam Berdarah Dengue
Penyakit ini disebabkan virus dengue yang dibawa nyamuk Aedes Aegypti.
Gejala:
Demam secara terus menerus, dan untuk memastikan bahwa penderita terkena DBD maka perlu pemeriksaan di laboratorium atau cek ke dokter apakah ditubuh ada bintik-bintik merah.
Pencegahan:
3M (menguras, menimbun, menutup), Menguras bak air agar nyamuk tidak bertelur disitu, menutup bak air agar nyamuk tidak bisa masuk untuk bertelur, menimbun sampah yang kemungkinan dapat menggenangkan air.
Yang bisa kita lakukan:
Memberikan makan dan minum yang banyak, serta segera hubungi layanan kesehatan.

4.       Gizi buruk
Gizi buruk adalah kekurangan makanan bergizi dalam waktu lama yang mengakibatkan tubuh tidak dapat berkembang secara normal.
Pencegahan:
Mengkonsumsi makanan bergizi secara teratur, dengan menerapkan pola hidup sehat.

Itulah pemaparan saya mengenai materi RSPS ini semoga artikel ini dapat bermanfaat. Jika kalian punya kriti, saran, dan pertanyaan silahkan masukkan di kolom komentar.

Salam Palang Merah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "MATERI RSPS (REMAJA SEHAT PEDULI SESAMA)"

  1. Blog yang bagus.... semoga terus berkembang.... Posting yang bagus... semoga terus berkembang.... Saya ingin berbagi article tentang Kuil Todaiji di http://stenote-berkata.blogspot.com/2018/05/nara-di-kuil-todai-ji.html
    Lihat juga video di youtube https://youtu.be/2i-MwzfWvs4

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel