MATERI DONOR DARAH PMR

DONOR DARAH

Salam Palang Merah.

apa kabar saudara palang merah ? pastinya luar biasa bukan ?.
Baiklah sobat kali ini Saya akan mengulas tuntas mengenai salah satu materi kepalangmerahan yaitu materi Donor Darah, dimana materi ini pastinya akan sangat berguna bagi anak anak palang merah seperti kalian.
Baiklah langsung saja tidak perlu pakai basa basi Saya akan bahas satu persatu.

MATERI DONOR DARAH PMR



DEFINISI

Yang pertama yang sobat harus tau adalah "Arti Donor Darah" itu sendiri.
Jadi mendonorkan darah itu berarti kegiatan menyumbangkan darah untuk tujuan transfusi darah, dimana Transfusi darah ini dapat diartikan sebagai proses pemindahan darah dari seseorang yang sehat dan memenuhi persyaratan ke orang yang membutuhkan darah.

FUNGSI DARAH

Yang kedua, apa fungsi darah  itu? kok "Kayak Penting Sekali?" Iya memang penting saudara. karena darah  itu mengandung hemoglobin yang berfungsi mengikat Oksigen atau O2 dari paru-paru keseluruh tubuh. juga berfungsi mengikat karbon dioksida dari seluruh tubuh ke paru-paru untuk selanjutnya dikeluarkan melalui proses ekspirasi. Selain itu darah juga berfungsi dalam pembentukan sel-sel yang rusak. Jadi fungsi darah itu sebenarnya masih banyak tapi yang Saya sebutkan diatas adalah fungsi utamanya.

ISTILAH PENDONOR

Yang ketiga, dengan mengetahui fungsi darah seperti yang Saya sebutkan diatas, kalian juga harus tau 2 istilah pendonor darah,
Yang pertama adalah DDS (Donor Darah Sukarela) adalah orang yang mendonorkan darahnya namun dia tidak tau darahnya didonorkan untuk siapa.
Yang kedua adalah DDP (Donor Darah Pengganti) adalah orang yang mendonorkan darahnya dan dia tau darahnya didonorkan untuk siapa.
Selain itu ada juga istilah DDK (Donor Darah Komersial). Bisa dibilang orang yang mendonorkan darahnya untuk mendapat imbalan baik itu uang maupun jasa, namun saat ini pemerintah melarang penjual belian organ termasuk sel darah. Darah organ bukan? :D
Darah yang kita donorkan itu bisa berupa darah lengkap yaitu darah yang mengandung seluruh komponen darah, atau hanya komponen darahnya saja yang terdiri dari sel darah merah, sel darah putih, keeping-keping darah, dan plasma darah. Untuk golongan darah itu sendiri secara umum ada 4 yaitu golongan darah A, B, C, dan AB. Di dunia ini manusia lebih dominan bergolongan darah O dan hanya sedikit saja orang yang bergolongan darah AB.

SYARAT DONOR DARAH

Yang Keempat, siapa saja yang boleh donor darah? Jawabannya "semua orang yang memenuhi syarat dibawah ini"
1.      Pria maupun wanita berumur 18 hingga 60 tahun
2.      Berat minmal 45 kg.
3.      Kadar hemoglobin 12, 5 g/dl.
4.      Sehat jasmani maupun rohani menurut pemeriksaan dokter.
5.      Tekanan darah sistolik 100 sampai 180 mmHg. Dan diastolic 50 sampai 100 mmHg.
6.      Bagi Ibu yang hamil, menyusui, dan menstruasi tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya.
7.      Tidak mengidap penyakit menular seperti HIV/AIDS, sifilis, gonorrhea, diabetes, dan lain-lain.

LANGKAH-LANGKAH MENDONORKAN DARAH

Yang kelima, langkah-langkah donor darah. sebenarnya sangat sederhana. alurnya begini, pertama dating ke UTD (Unit Transfusi Darah), kemudian isi formulir donor darah yang diberikan biasanya berisi pertanyaan seputar identitas dan riwayat kesehatan, selanjutnya dilakukan pemeriksaan kesehatan untuk mengecek dan mengetahui apakah Anda memenuhi syarat atau tidak, lalu cek golongan darah, dan sampailah kepada tahap inti yaitu proses pengambilan darah biasanya  +- 15 menit. dan terakhir setelah diambil darahnya, Anda akan diberi istirahat, makan, dan vitamin untuk memulihkan kondisi Anda, Selesai. singkat bukan ?. Dan Saya sampaikan kepada Anda bahwa kita dianjurkan untuk mendonorkan darah setiap 2,5 hingga 3 bulan sekali.

MANFAAT DONOR DARAH

Yang keenam, apa manfaatnya mendonorkan darah? kan tidak ada untungnya donor darah, malah kita yang akan kekurangan darah. Pertanyaan seperti ini juga pernah Saya tanyakan. namun setelah Saya mendapatkan sosialisasi tentang donor dara dan manfaatnya, Sayapun berani untuk  mendonorkan darah Saya, dan memang ada  yang berbeda, ada sesuatu yang membuat Saya merasa berguna sebagai manusia. Untuk lebih jelasnya ini manfaatnya.
1.   Mendapat kepuasan batin karena dengan mendonorkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa seseorang.
2.   Kesehatan kita menjadi lebih terpantau karena dengan mendonorkan darah, kesehatan kita akan diperiksa secara teratur.
3.     Membuat tubuh semakin sehat, karena dengan mendonorkan darah tubuh akan memproduksi sel-sel darah baru.
4.    Dapat bergabung dalam organisasi Palang Merah Indonesia (PMI)  untuk meningkatkan relasi atau hubungan dan dapat bergabung dalam kegiatan kemanusiaan lainnya.
5.    Meningkatkan jumlah donor darah sukarela berarti meningkatkan nilai-nilai kesetiakawanan dan kepedulian sosial.

Nah itulah penjelasan singkat dan sederhana mengenai materi donor darah kepalang merahan. Jika ada kritik, saran, dan  pertanyaan silahkan masukkan di kolom komentar.

Salam Palang Merah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "MATERI DONOR DARAH PMR"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel